Senin, 16 Maret 2009

perkembangan Perangkat keras dan perangkat lunak

perkembangan Perangkat keras dan perangkat lunak
Februari 1, 2009 — syahlutfi
Sejarah Perkembangan Komputer
Definisi Komputer

“Komputer berasal dari ‘to compute’ yang berarti menghitung.
Pengertian komputer saat ini adalah suatu alat hitung dengan kontruksi elektronika yang mempunyai stroge internal dan bekerja dengan bantuan-bantuan System Operasi menurut program-program yang diberikan.”

Jenis Komputer

Pembagian Komputer menurut jenisnya, yaitu:
1. Cara Kerja
2. Kegunaanya
3. Kapasitas Kerja
4. Generasi

Berdasarkan cara kerjanya komputer terdiri dari 3 jenis , yaitu :


1. Komputer Analog
“Analog yaitu komputer yang beroperasi secara paralel atau sama dengan besaran fisik angka-angka yang diterimanya. Jadi, komputer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data-data kualitatif seperti temperatur, tinggi nada suara, tegangan listrik, dll.”

2. Komputer Digital
“Yaitu komputer yang beroperasi atau bekerja dengan angka-angka atau tanda-tanda lain seperti huruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya di identifikasikan sebagai angka.”

3. Komputer Hyibrid
“Yaitu gabungan dari 2 jenis komputer tersebut diatas, ia bekerja atau beroperasi dalam angka atau besar fisik yang diterimanya.”


Perangkat Keras (HardWare)

Pengenalan Perangkat Keras (HardWare)
Pada umunya satu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu:
1. Input Device
2. Storage unit
3. CPU
4. OutPut Device

Satu kesatuan komputer sekarang menjadi 5 komponen yaitu:
1. Input Device
2. Storage Unit
3. CPU
4. Output
5. CUU (Comunication Control Unit)

Input Device

” Input Device adalah suatu bagian dari sistem komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukan data maupun intruksi-intruksi pada komputer.”

Alat-alat input ini dapat di golongkan menjadi 2 antara lain:
1. Alat Input Langsung
2. Alat Input Tidak langsung

Alat Input Langsung

“Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
- Contohnya:
- papan ketik (keyboard),
- pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner, sensor (misalnya digitalizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).

Alat Input Tidak Langsung

“Sedangkan alat input tidak langsung yaitu melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya:
key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.”

Storage Unit
- Storage Unit atau Media Penyimpanan dapat dibedakan atas 2 bagian, yaitu :
1. Internal Storage
2. External Storage

Internal Storage

Internal Storage adalah yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan CPU
- Internal Storage seperti:
1. Hard Disk
2. Memori

External Storage

External Storage Adalah Storege yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU. misalnya:
1. Disket
2. Flash disk

Central Processing Unit (CPU)
-CPU adalah bagian Komputer yang melakukan kegiatan serupa dan kegiatan fikir.

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
1. ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

2. CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer atau unit kendali, Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.

Output Device

“Output Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.”

Alat-alat output antara lain:
1. Printer
2. Monitor
3. Infocus

Printer
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas).

Monitor
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy gambar atau tampilan.

Perangkat Lunak (SoftWare)

” SoftWare Adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem.
Fungsi SoftWare, antara lain :
1. Mengidentifikasikan Program.
2. Menyiapkan alokasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesien.”

Yang termasuk softWare, adalah :
1. Bahasa Pemrograman dan Kompilator.
2. Routines (User Program).
3. Aplication Package (Package Program).
4. Input/Output Control System.
5. Sistem Oprerasi.

Bahasa Pemrograman

“Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan intruksi (program).”

Contoh:
Assembler : Suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin.
Cobol : Untuk aplikasi komersil (business).
Fortran : Formula Translator, Untuk aplikasi ilmiah/teknik.

Routtenes (user Program)

“Yaitu program yang dibuat oleh program dalam bahasa program untuk suatu aplikasi tertentu dan dipakai berulang-ulang.”

Contohnya:
Payroll, inventory, control, procedure, personalia, security.

Application Packages

“Yaitu program-program yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk user yang beroprasi dalam bidang-bidang umum, misalnya penerbangan, asuransi, komunikasi, pembangunan gedung, dll.”

Beberapa contoh package program antara lain:
1. S.S.P (Scientific Subroutine Package)
2. MPSK-LINEAR PROGRAMMING (Mathematical Programming Support
3. Extended-Linear Programming)
4. IMS (Information Management System)

Input/Output Control System

“Yaitu routines yang standar untuk mempercepat operasi Input/Output.”

Sistem Operasi

“Yaitu bagian software yang sangat penting, merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing di dalam sistem.”

Contoh-contoh system operasi yang dipakai antara lain:
1. BOS (Basic Operating System)
2. TOP (Tape Operating Stystem)
3. DOS (Disk Operating System)

Operating System terdiri dari 2 bagian, yaitu :

1. Control Program
“Fungsinya adalah mengawasi pelaksanaan di dalam procesing, mengontrol penempatan data di dalam sistem termasuk pengaturannya didalam storage dan mengatur jadwal pekerjaan.”
2. Processing Program
“Processing Program terdiri dari language Processor, Service Program dan User Written Problem Program.”
Fungsinya adalah :
1. Mempermudah persiapan aplikasi program.
2. Menentukan pekerjaan yang akan dilakukan oleh sistem.

“Perkembangan Perangkat Lunak sejak Generasi Pertama”

Perangkat Lunak Semasa Komputer generasi Pertama

- Pemrograman pada generasi pertama kebanyakan adalah ahli teknik dan ahli matematika yang tertarik menggunakan komputer untuk menyelesaikan permasalahan di bidangnya.
- Program yang dibuat pada generasi ini dilakukan dengan membuat program dalam machine language (bahasa mesin) yang disimpan di memori komputer secara permanen.

Perkembangan Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

- Membuat program dengan menghubungkan beberapa sirkuit komputer atau membuatnya dengan bahasa mesin merupakan pekerjaan yang sulit, karena si pembuat program harus mengetahui betul tentang seluk beluk jaringan kerja dari komputer tersebut.
- Pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa awam (bahasa inggris sehari-hari dengan aturan yang tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa komputer (bahasa mesin).

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
1. FOTRAN (FORmula TRANslator) (1957)
2. LISP (LISt Processor) (1958)
3. ALGOL (ALGOrithmic Language) (1958)
4. COBOL (Common Bussnise Orientide Language) (1959)
5. LOGO (1960)
6. GPSS (General Purpose System Simulator) (1961)
7. RPG (Report Program Generator) (1961)
8. APL (A Programing Language) (1962)
9. BASIC (Begginers’ All Purpose Symbolic Intruction Code) (1964)
10. PL/1 (Programing Language Version 1) (1966)
11. Konsep Pemrograman Terstruktur yang pertama (1968)
12. PILOT (Programmed Inqurry,Learning Or Theaching) 1969)
13. FORTH (1969)
14. PASCAL (1970)
15. SAM76 dan SHRDLU (1971)
16. PROLOG dan SMALLTALK (1972)
17. C dan Comal (1974)
18. BASIC PADA KOMPUTER YANG PERTAMA (1975)
19. MODULA-2 (1977)
20. ADA (1979)

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PAKET APLIKASI
1. ELECTRIC PENCIL (1876)
2. WORD STAR (1979)
3. APPLE WRITER DAN VISICAL (1979)
4. DBASE II (1981)
5. LOTUS 1-2-3 (1982)
6. UNIX (1969)
7. CP/M (1970)
8. MS-DOS (1980)
9. IBM OPERATING SYSTEM/2 (1987)

LOTUS

“Lotus 1-2-3 merupakan suatu program paket yang berisi gabungan program-program spreadsheet, grafik dan kemampuan untuk mendapat informasi yaitu tiga bentuk program dalam satu program (sehingga dinakmakan 1-2-3)
Lotus 1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16-bit IBM PC.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar